Jadwal UN SMA & SMK


Ditulis oleh: NUR ALFANDI (X TKJ 1 - OSIS SMKN 1 Turen)

Halo guys, kali ini saya buat khusus untuk kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA/SMK dan sedang bersiap-siap menghadapi UN SMA/SMK 2016 bulan April . Nggak kerasa yah ternyata udah tinggal kurang dari seminggu lagi lo semua akan menghadapi soal-soal Ujian Nasional. 

Nah, pada tahun ajaran 2015-2016 ini, ada 3 kabar baik terkait dengan UN. PERTAMA, untuk tahun ini nilai UN tidak akan menjadi indikator kelulusan sama sekali! Selain itu, nilai UN juga kemungkinan ga jadi bahan pertimbangan seleksi buat lo yang mendaftar jalur masuk kuliah di seleksi SNMPTN, meskipun nanti tetep disetor oleh Kemendikbud. Wah terus buat apa dong nilai UN? Nilai UN masih berguna untuk beberapa kepentingan, misalnya bagi lo yang mau daftar di sekolah kedinasan (misalnya STAN), biasanya mempertimbangkan rata-rata keseluruhan nilai UN + nilai US. Selain itu, nilai UN juga tetap berguna buat lo yang berminat melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan mengharapkan sumber dana beasiswa.

Kabar baik yang KEDUA akan menjawab kekhawatiran anak kelas 12 yang selama terpecah menjadi 2 kubu: ada sebagian yang belajar dengan kurikulum lama (KTSP) dan ada sebagian yang belajar dengan kurikulum baru (K13). Nah, buat lo yang khawatir terkait bahan materi UN, gua bisa menegaskan kembali bahwa pemerintah secara tidak langsung menyatakan bahwa terlepas selama ini lo belajar materi K13 atau KTSP, kamu gak perlu belajar materi di luar kurikulum yang lo pelajari selama ini, karena soal-soal UN tahun 2016 akan diambil dari materi yang terdapat pada KTSP DAN K13. Artinya materi yang HANYA ada di K13 tapi gak ada di KTSP atau sebaliknya, DIPASTIKAN TIDAK akan keluar di soal Ujian Nasional 2016. Jadi soal yang nantinya ditanyakan dalam UN, adalah materi yang emang ada di Kurkulum 2013 DAN ada juga di KTSP 2016. Paham yah. 

Kabar baik yang KETIGA adalah pemerintah tahun ajaran ini juga mendukung penuh kelulusan siswa dengan menerbitkan SKL. Apaan tuh SKL? Buat lo yang belum tau, gampangnya SKL itu adalah "kisi-kisi" yang diberikan pemerintah tentang materi apa aja yang dianggap penting dalam mata pelajaran tertentu, dan kemungkinan besar akan jadi bahan soal yang keluar dalam soal UN.