Akuntansi dan Keuangan Lembaga

A. DESKRIPSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA(AKL)

Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) di SMKN 1 Turen merupakan salah satu program keahlian dalam kelompok bisnis dan manajemen yang bertujuan untuk mempelajari pencatatan dan penyusunan laporan keuangan secara manual maupun menggunakan sistem komputerisasi untuk diterapkan terhadap suatu perusahaan baik itu jasa, dagang, maupun manufaktur.

B. PERAN KERJA

Siswa Kualifikasi Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) memiliki peran kerja yakni memiliki kemampuan menyusun laporan keuangan dan kemampuan mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan untuk bekerja di usaha bisnis dan/atau manajemen serta memiliki kemampuan mengelola keuangan dan menganalisis data keuangan, untuk bekerja di usaha dan manajemen baik dengan sistem manual maupun otomatisasi.

C. KEMUNGKINAN JABATAN

  1. Staff Akuntan
  2. Staff Administrasi
  3. Staff Pajak
  4. Bagian Admin
  5. Warehouse Staff
  6. Staff Finance

D. KOMPETENSI DAN MATERI YANG DIAJARKAN

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) serta memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital.
  3. Ekonomi Bisnis
  4. Mata pelajaran ekonomi bisnis mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan ilmu ekonomi dan membuat rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya
  5. Administrasi Umum
  6. Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarakan untuk menerapkan penggunaan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi, menerapkan komunikasi di tempat kerja serta menerapkan pencatatan keuangan sederhana.
  7. Etika Profesi
  8. Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan etika profesi dalam bidang akuntansi dan keuangan, menganalisis kompetensi personal dalam bidang akuntansi dan keuangan serta menganalisis faktor resiko kecelakaan kerja dalam bidang akuntansi dan keuangan.
  9. Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
  10. Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menerapkan paket program pengolah angka/spreadsheet, menerapkan format aplikasi program pengolah angka/spreadsheet untuk siklus akuntansi perusahaan jasa dandagang serta mengevaluasi kegiatan keuangan dengan aplikasi pengolah angka yang ditetapkan oleh perusahaan
  11. Akutansi Dasar
  12. Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk memahami asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akutansi, memahami tahapan siklus akuntansi serta melakukan pencatatan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal, buku besa, membuat jurnal penyesuaian dan menyusun laporan keuangan.
  13. Perbankan Dasar
  14. Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menghitung simpanan dana giro, menghitung simpanan dan tabungan, menghitung simpanan dana deposito serta menyusun laporan kredit perbankan
  15. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur
  16. Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk menerapkan siklus akuntansi mulai dari mengidentifikasi buktri transaksi, membuat jurnal umum dan khusus, menyusun buku besar, serta menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan jasa, dagan-g, dan manufaktur.
  17. Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
  18. Pada mata pelajaran ini siswa AKL diajarkan untuk melakukan pencatatan system akuntansi keuangan, dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan, melakukan pencatatan Akuntansi penerimaan pembiayaan, dan akuntansi pengeluaran pembiayaan di desa/kelurahan serta menyusun laporan keuangan desa /kelurahan yang meliputi penyusunan neraca saldo, pencatatan jurnal
  19. Akuntansi Keuangan
  20. Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk melakukan pengelolaan dana kas perusahaan di bank dan melakukan pencatatan utang jangka pendek (pembelian barang dagang secara kredit, wesel, pembelian angsuran, utang pajak, utang gaji, dan pendapatan diterima dimuka)
  21. Komputer Akuntansi
  22. Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk menggunakan system komputerisasi akutansi untuk mengentri data, membuat jurnal, serta menyusun laporan keuangan.
  23. Administrasi Pajak
  24. Mata pelajaran ini mengajarkan siswa AKL untuk melakukan perhitungan pajak penghasilan (PPh) Pasal 21, melakukan pengisian surat setoran pajak (SSP) PPh pasal 21, melakukan perhitungan PPh Badan terutang serta melakukan pengisian surat setoran pajak (SSP) PPh badan
  25. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  26. Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bertujuan untuk membekali siswa ilmu mengenai pembentukan usaha mulai dari mendesign usaha, menghitug harga pokok produksi, system produksi, melakukan promosi online, dan menghasilkan laporan keuangan usaha

E. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Bidang Keahlian : Bisnis Dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Lembaga

MATA PELAJARAN Alokasi Waktu Normal Alokasi waktu Pandemi
A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 318 212
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 212 106
3. Bahasa Indonesia 354 177
4. Matematika 424 212
5. Sejarah Indonesia 108 72
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya 352 234
B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya 108 72
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 144 144
3. Muatan lokal Bahasa Daerah/Jawa 180 90
4. Bimbingan Koseling 72 36
Jumlah A + B 2,272 1,355
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 108 54
2. Ekonomi Bisnis 72 36
3. Administrasi Umum 72 36
4. IPA 72 36
C2. Dasar Program Keahlian
1. Etika Profesi 72 36
2. Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet 108 54
3. Akutansi Dasar 180 90
4. Perbankan Dasar 108 54
C3. Kompetensi Keahlian
1. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan 454 302
Manufaktur
2. Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah 280 140
3. Akuntansi Keuangan 420 210
4. Komputer Akuntansi 350 175
5. Administrasi Pajak 210 105
6. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 350 175
Jumlah C (C1, C2, dan C3) 2,856 1,503
Total 5,128 2,858


F. STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (NEW NORMAL) PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA