Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK Negeri 1 Turen
22 Juli 2021 Mimin Turen One Info Humas 2478
Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK Negeri 1 Turen Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK Negeri 1 Turen
Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI senantiasa melakukan upaya strategis untuk memastikan lulusan SMK memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja. Diantara program nyata yang secara konsisten digelar adalah program sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa SMK dengan TOEIC (Test Of English for International Communication). Bahkan disaat pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak tahun lalu, salah satu program yang tetap menjadi prioritas untuk dijalankan adalah sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK.

Pada tahun 2021 ini, Direktorat SMK kembali menggelar kegiatan Sertifikasi TOEIC bagi siswa SMK yang pendaftarannya dibuka bulan April tahun ini. Berbagai tahapan program telah dilalui mulai dari Sosialisasi, Pendaftaran, dan Seleksi VIERA. Di bulan Juli ini, telah dimulai pelaksanaan tahapan utama yaitu Sertifikasi TOEIC.



SMK Negeri 1 Turen telah mengikutsertakan sebanyak 589 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 60 (enam puluh) siswa. Sebelum para siswa menjalankan ujian bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia R. Ismanto dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.



Pada tanggal 22 Juli 2021, SMK Negeri 1 Turen melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi. Kegiatan persiapan ujian dilaksanakan H-1 dengan melakukan installasi program/software yang dikirim langsung oleh ITC. Teknisi sekolah melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan bahwa program tes berjalan dengan benar dan siap digunakan pada saat ujian. Pelaksanaan tes TOEIC terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi 1 pukul 07.30 dan sesi 2 pukul 11.00 dengan menggunakan 2 laboratorium computer berkapasitas 17 orang sesuai dengan ketentuan protocol Kesehatan Covid 19. Peserta diwajibkan memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk ruangan dan duduk dengan memperhatikan jarak. Sebelum dan sesudah pelaksanaan tes, ruang laboratorium ujian disterilisasi dengan penyemprotan desinfectan. Kegiatan Tes TOEIC berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang signifikan. Tes TOEIC di SMKN 1 Turen medapatkan pengawasan langsung dari pusat ITC dengan menggunakan Zoom Meeting yang kameranya di hadapkan langsung ke peserta tes secara live sehingga potensi kecurangan tidak dijumpai karena peserta mengerjakan tes dengan penuh rasa percaya diri.

SMK Negeri 1 Turen sangat antusias dan mengapresiasi program pemerintah bekerjasama dengan ITC yang memberikan kesempatan terbuka kepada semua siswa kelas XII mengikuti seleksi dan memiliki sertifikat Bahasa Inggris bertaraf Internasional yang bisa digunakan sebagai referensi melamar pekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Alhamdulillah, SMK Negeri 1 Turen setiap tahun selalu lolos menjadi sekolah penyelenggara tes TOEIC, walaupun dimasa pandemi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, kami berharap agar program ini senantiasa berkelanjutan dengan penambahan kuota yang lebih besar sehingga semakin banyak anak bangsa yang memiliki modal ketrampilan berbahasa asing dan siap berkompetisi di era global.

Artikel Terkait